Selasa, 25 September 2012

bahaya merokok


Gambar. (1) no smoking
Semua orang tahu bahwa merokok itu berbahaya tapi tidak semua orang sadar bahaya-bahaya apa saja yang diakibatkan oleh merokok. Padahal di bungkus setiap rokok telah tertulis 'merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin', tapi peringatan tersebut tidak mempan karena kuatnya ketergantungan seseorang untuk merokok.

Merokok dapat menyebabkan kanker kantung kencing, rongga mulut, faring, pita suara, esopagus, serviks, ginjal, pankreas dan perut. Juga dapat menyebabkan penyumbatan darah dan jantung, perokok beresiko terkena strok lebih besar dari pada bukan perokok. Gangguan pernapasan dan gangguan janin juga merupakan salah satu akibat merokok.
  
Merokok dapat merusak tubuh karena :
  •  Nikotin mencapai otak dalam 10 detik setelah rokok dihisap, lalu menyebar ke seluruh bagian tubuh melalui sirkulasi darah, termasuk pada Air Susu Ibu.
  • Karbon monoksida dari asap rokok mengikat hemoglobin dalam sel darah merah, menurunkan fungsinya dalam menyalurkan oksigen secara penuh.
  • Unsur-unsur penyebab kanker (karsinogen) pada tembakau merusak gen-gen penting yang mengendalikan pertumbuhan sel, sehingga sel-sel tumbuh tidak normal atau berkembang terlau cepat.
  • Unsur karsinogen yang bernama benzopiren mengikat sel-sel di saluran nafas dan organ penting lain dari perokok sehingga menyebabkan kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar